Welcome Message

Mengapa kita hidup di dunia ini? Untuk apakah kita hidup di dunia ini? Pertanyaan mendasar yang jawabannya akan menentukan cara kita hidup, dan bagaimana kita hidup. Apakah bermakna atau sia-sia...

twitter

Follow on Tweets

Tahapan Kedewasaan

Posted in


Beberapa hari yang lampau, saya sedang nonton film yang dibintangi Will Smith yang judulnya kalau tidak salah "The Pursuit Of Happyness". Salah satu adegan, menceritakan Will Smith sedang di Gereja bersama para tunawisma yang lain, dan para pemuji yang bertugas menyanyi "Tuhan jangan singkirkan gunung (masalah) itu, tapi berikan kekuatan untuk mendakinya"


Eh dari sana jadi mikir, bahwa dalam menghadapi masalah akan terlihat tahapan-tahapan kedewasaan seseorang. Coba kita lihat apa aja sih tahapan-tahapan tersebut, dan kita akui dengan jujur ada di tahapan mana diri kita.

1. "Tuhan tolong singkirkan masalah saya ini, saya gak sanggup Tuhan"

Ini bisa dibilang baby rohani ya. Sangat menyayangi dirinya sendiri secara salah, jika seseorang mash menyayangi diri sendiri secara salah, ia tidak akan bisa menyayangi Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan akal budi.

2. "Tuhan tolong berikan kekuatan agar saya dapat menyelesaikan masalah ini"

Sudah lebih baik dari yang pertama, namun IMHO fokusnya masih kepada diri sendiri, bagaimana agar masalahnya selesai dan hidup nyaman di dunia ini seperti anak-anak dunia lainnya. Masih menyayangi dirinya sendiri.

3. "Tuhan terima kasih untuk masalah ini, karena saya tahu Bapa membentuk saya melalui masalah ini. Inilah salah satu wujud kasih Bapa kepada saya”.


Ini, IMHO, sudah lebih baik dibanding kedua tahapan sebelumnya. Masalah yang dialami sudah dimengerti sebagai kasih Tuhan kepada dirinya.

4. “Tuhan, saya mau memikirkan, mencari dan memikul semua hal yang menjadi beban dan masalah-Mu. Saya mau hidup saya berguna bagi-Mu”.


Ini tahapan yang lebih maju dari sebelumnya, dirinya bersedia memikul semua hal yang menjadi beban Tuhan. Adapun, beban Tuhan adalah keselamatan jiwa-jiwa manusia. Keselamatan sendiri adalah usaha Tuhan mengembalikan manusia kepada rancangan-Nya yang semula, yang dicontohkan dengan sangat sempurna oleh Tuhan Yesus Kristus.


Sumber gambar: Google.com

Comments (0)

Posting Komentar

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered By Blogger