Welcome Message

Mengapa kita hidup di dunia ini? Untuk apakah kita hidup di dunia ini? Pertanyaan mendasar yang jawabannya akan menentukan cara kita hidup, dan bagaimana kita hidup. Apakah bermakna atau sia-sia...

twitter

Follow on Tweets

Mengapa tidak usah kuatir?

Posted in

Saat ini tiba-tiba saja saya mengalami kekuatiran, hal itu karena tiba-tiba ibu saya membicarakan hal yang memang sebenarnya masalah saya selama ini.

Lalu setelah mondar-mandir selama kurang lebih 30 menit, saya melakukan hal ini :
1. Saya berdoa, mengucap syukur pada TUHAN atas semuanya.
2. Lalu saya membuka buku renungan, yang kebetulan judulnya : Khawatir vs Iman.
3. Kembali saya berdoa, di dalam doa saya itu saya ceritakan semua hal yang menjadi kekuatiran saya pada TUHAN.
4. Selesai saya berdoa, saya bertekad bahwa saya tidak boleh kuatir lagi.

Lalu karena menurut saya hal ini bisa berguna, maka saya rindu membagikan refleksi saya kepada semuanya.

Mengapa saya bertekad tidak boleh kuatir? Tentu ada alasannya, secara logis :
1. Kuatir tidak menyelesaikan persoalan.
2. Kuatir membuat kita semakin terjerambab, dan makin tidak berdaya.
3. Kuatir membuat kualitas hidup kita menurun : murung, cemberut, memasang muka 'jelek'.

Nah secara religi, saya juga gak mau kuatir karena :
1. Kuatir itu berpotensi menggeser fokus hidup kita dari TUHAN. Dan ini gak boleh, terutama karena tidak berfokus pada TUHAN adalah dosa. Dan orang yang kuatir pasti akan memikirkan masalahnya dan melupakan TUHAN, orang yang melupakan TUHAN -apalagi sedang dalam masalah- cenderung memilih jalan keluar yang cepat, tanpa mengindahkan peraturan-peraturan agama, atau bisa juga dibilang jalan keluar yang berdosa.
2. Orang yang kuatir berarti tidak mempercayai bahwa TUHAN sangat berdaulat/berotoritas akan hidupnya dan juga berkuasa untuk memelihara hidupnya, karena dia cenderung mengambil langkah penyelesaiannya sendiri. Lagi-lagi dosa lho!

Tuh gak penting kan kuatir, bukan bermaksud menggampangkan masalah, namun biasanya kalo kita sudah berserah, ada aja tuh jalan yang dibukakan. Atau tiba-tiba ide muncul di kepala kita.

Jadi kalo saat ini Anda sedang kuatir, bisa mencoba hal yang diatas saya lakukan.

Salam tenang...

Comments (0)

Posting Komentar

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered By Blogger