Welcome Message

Mengapa kita hidup di dunia ini? Untuk apakah kita hidup di dunia ini? Pertanyaan mendasar yang jawabannya akan menentukan cara kita hidup, dan bagaimana kita hidup. Apakah bermakna atau sia-sia...

twitter

Follow on Tweets

Tumpul Hati

Posted in


Tumpul hati, apakah itu? Kalo berdasarkan pemahaman dan pengalaman saya, tumpul hati adalah kondisi hati yang sudah tidak dapat menyuarakan nuraninya jika melakukan kejahatan, kesalahan, dosa. Dikarenakan nurani tersebut tidak dapat membedakan/merasakan setiap perbuatan jahat yang dilakukan. Mati rasanya nurani disebabkan terlalu seringnya melakukan perbuatan jahat, dosa tanpa ada kesadaran untuk bertobat kepada TUHAN.

Meski sebenarnya bisa dihindari -karena kita memiliki kehendak bebas dari TUHAN-, tidak dapat dimungkiri bahwa situasi kondisi kita saat itu juga mempengaruhi untuk membuat kita terlena. Seperti :
1. Semua urusan berjalan lancar, tanpa ada hambatan.
2. Merasa di atas angin, semua terkendali (over confidence).
3. Tidak adanya 'reminder' dari lingkungan (hal ini bisa disebabkan karena 'kepandaian' kita menutupinya, atau kita yang memang menolak semua nasihat yang diberikan).
4. Keangkuhan kita bertumbuh subur.
5. Ke-aku-an kita meluap-luap.

Nah, kalo melihat kondisi sekitar -surat kabar, lingkungan kerja, keluarga- apakah kita menjumpai yang seperti ini? Jika ada, merupakan tugas kita untuk memberitahukannya dengan penuh kasih, namun sebelum melakukan hal itu pastikan bahwa diri kita pun sudah beres di hadapan TUHAN.

Comments (0)

Posting Komentar

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered By Blogger