Welcome Message

Mengapa kita hidup di dunia ini? Untuk apakah kita hidup di dunia ini? Pertanyaan mendasar yang jawabannya akan menentukan cara kita hidup, dan bagaimana kita hidup. Apakah bermakna atau sia-sia...

twitter

Follow on Tweets

Legion : FIlm Sesat yang Lucu

Posted in


Satu lagi film dihadirkan ke publik Indonesia. "Legion", demikian judul film tersebut. Mengisahkan tentang "tuhan' (memakai tanda kutip, karena saya yakin karakter tuhan di film ini bukanlah karakter dari TUHAN yang saya kenal) yang sedang kehilangan keyakinannya. Lalu terdapat sesosok jendral malaikat yang bernama Michael yang berniat menolong 'tuhan', dengan mencoba memberitahu kepada 'tuhan' apa yang dibutuhkan 'tuhan' dan bukan apa yang diinginkan 'tuhan'.

Karakter utama di film ini bepusat pada sosok Michael -sang jendral malaikat- yang terpaksa harus membangkang kepada 'tuhan' karena dirinya sangat menyayangi manusia, dan tidak setuju akan rencana 'tuhan' untuk membinasakan manusia. Lalu dimulailah petualangan si malaikat untuk menolong si ibu dan anak yang dikandungnya -anak ini diramalkan akan menjadi pendiri manusia lagi.

Saya tidak akan mengomentari sisi pembuatan atau efek yang digunakan. Namun lebih kepada menyoroti sisi cerita dan hubungannya dengan iman seorang yang beragama. Ada beberapa isu yang ditonjolkan dalam rangka upaya film ini mengolok-ngolok TUHAN :

1. TUHAN digambarkan seperti anak kecil, yang tidak tahu membedakan antara : Apa yang dibutuhkan-NYA dengan apa yang diinginkan-NYA sehingga membutuhkan jasa seorang malaikat (Michael) untuk menyadarinya.

Tanggapan : Saya cuma bisa bilang, bertobatlah Anda bung! Sebelum Hari Penghakiman tiba!

2. TUHAN kehilangan keyakinan-NYA pada manusia. Sehingga berniat memusnahkannya

Tanggapan : TUHAN sangat menyayangi manusia. Manusia adalah kasta yang tertinggi dari ciptaan-NYA karena diberikan perasaan, akal budi, pikiran. Berbeda dari semua ciptaan yang lain. Bahkan malaikat. Jadi cukup menggelikan kalau dalam film ini, malaikat mempunyai kehendak bebas sendiri, menyayangi manusia lebih dari ALLAH menyayangi manusia. Apalagi itu dilakukan oleh Michael, jendral pasukan malaikat.

3. Rencana TUHAN bisa digagalkan oleh malaikat. Meski TUHAN sudah berkehendak untuk membinasakan manusia, namun dapat digagalkan oleh malaikat pada akhirnya.

Tanggapan : Tidak ada rencana TUHAN yang gagal! Jika TUHAN sudah mau A, pasti akan terjadi A! No backup plan for GOD dude! Dan tidak ada yang pernah tahu secara utuh gambaran rencana TUHAN itu seperti apa! Kecuali TUHAN sendiri. Film ini mencoba mengkampanyekan nilai humanis yang mengalahkan nilai-nilai keimanan seorang manusia kepada Sang Pencipta

Disamping cerita, sebenarnya banyak faktor lain sehingga film ini saya kategorikan sebagai film lucu :

1. Pertarungan antar malaikat (Michael vs. Gabriel) yang melakukan pertarungan fisik layaknya manusia.

2. Malaikat bisa kalah sama timah panas???

3. Antar malaikat bisa ngambek-ngambek-an???

4. Malaikat bisa digagalkan aksinya untuk memberhentikan mobil oleh manusia???

Memaknai film ini membuat saya sadar, bahwa diluar sana terdapat sekelompok 'sesuatu' yang sangat tidak senang kalau kita -manusia- memiliki iman yanng benar kepada Sang Pencipta. 'Sesuatu' ini mencoba mempengaruhi pemikiran kita agar beralih dari TUHAN menjadi mencintai diri sendiri. Film ini merupakan bagian kecil dari kampanye besar dan terintegrasi yang dilakukan mereka. Namun demikian, saya menjadi berpikir seperti ini : Kalau 'sesuatu' ini begitu ingin menyesatkan kita, berarti mereka tidak mau kalau kita memiliki iman yang benar kepada TUHAN. Karena dengan memiliki iman yang benar kepada ALLAH, pengikut mereka tidak akan bertambah, malah berkurang!

Nah jika seperti itu mereka bencinya kepada TUHAN, satu hal yang menjadi pembuktian sahih bagi kita -semua orang beriman yang benar kepada ALLAH, bahwa : Sosok TUHAN itu benar adanya! Nyata! Senyata-nyatanya kita meraba wajah kita! DIA bukanlah rekaan imajinasi kita, tapi DIA ada bertahta di Surga, dan juga hadir di sekitar kita!

SIngkat cerita film ini adalah film sesat yang lucu. Sangat membuang-buang waktu untuk menontonnya. Kebetulan saya menontonnya dalam rangka membunuh waktu menunggu. :)

Comments (6)

Jelek dan cenderung lucu emang filmnya, bukan karena temanya sensitif tapi cerita yang dikasih konyol Sinopsis dan Jalan Cerita Film

sayang sekali ternyata anda tidak mengerti isi cerita dari in film ini,.atau saya rasa anda tidak menontonnya sampai habis,.ini film yang bagus,.coba lah anda tonton sekali lagi sampai film nya habis,.

Jangan diambil serius film ini,tiada yang sempurna selain Allah. Positifny, mengajarkan untuk terus berusaha walaupun dalam keadaan sulit, negatifny,penggambaran tokoh aja yang nggk sesuai. Cukup menghibur kok

Amaluna amaluqum. Laqumdinuqum waliyadzin. Kemb alilagikekepribadian masing-masing aja. Makasih :)

Berani2nya penulis film ini menggunakan karakter malaikat Jibril dan Mikail. Tunggulah azab yg keras kalau kalian ngga bertobat.

Ini film bagus. Review sampean itu gak enerjik dan membuang-buang waktu. Terntunya review sampean juga kolot, pola pikir yang sampean pake paham dualisme jadi hanya ada salah dan benar, dan menjudge seenaknya jidat berpendapat. Saya sarankan sampean tonton lagi sampe 3 kali, dan lihatlah sisi dan sudut pandang lainnya. Reviewmu ini gak pas dan gak pantas sebab review sampean berisi penilaian-penilaian subjektif tidak ada yang berbau objektif. Jadi anda belum pantas jadi seorang preview film.

Posting Komentar

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered By Blogger